Tetoroto's Blog

Just another WordPress.com weblog

HEIDEGGER : MEMBANGUN EKSISTENSI MANUSIA LEWAT “KEMATIAN”

Salah seorang filsuf eksistensialis adalah Marthin Heidegger. Seluruh filsafat Heidegger dapat dilihat sebagai usaha untuk menemukan kembali keagungan “Ada”. Oleh karena itu, dalam hal ini Heidegger lebih tepat disebut sebagai seorang “ontolog” daripada seorang “filsuf eksistensi”. Dalam tulisan pendek ini saya hanya mau coba mengerti bagaimana eksistensi manusia itu, khususnya melalui salah satu pandangannya yakni kematian.

Heidegger mencoba menemukan kategori-kategori dasar eksistensi manusia, yang disebut “eksistential eksistential”. Namun eksistensi manusia hanya diselidiki sebagai langkah pertama untuk suatu ontologi baru. Hasilnya suatu ontologi baru yang mau menggantikan baik ontologi lama maupun teologi. Heidegger berkata bahwa jaman kita ditandai oleh “ketidakhadiran Tuhan”. Kekosongan ini dapat diisi kalau kita mengerti kembali betapa illahinya “Ada” itu.

Heidegger memulainya dengan analisa fenomenologisnya dengan adanya manusia sebagai pintu masuk ke “ada”. “Adanya” manusia, eksistensi kita di dunia ini merupakan sesuatu yang tidak kita pilih sendiri, melainkan sesuatu yang sudah ditentukan. Manusia “dilemparkan” dalam faktisitas situasinya, sehingga manusia harus mengurus dunia “benda-benda dan alat-alat”. “Pekerjaan” itu dilakukan manusia sampai ia dipanggil meninggalkan semua kesibukan itu. Dengan meninggalkan semua kesibukan itu, manusia merasa cemas dan takut karena muncul kesadaran bahwa kita dapat mati. Jadi eksistensi manusia adalah suatu “adanya yang menuju kematian”.

Namun demikian ternyata kematian itu sangat penting, karena jika dalam suatu kehidupan yang tidak akan berakhir justru dirasa tidak ada apa-apa yang mendesak. Hanya suatu hidup yang akan berakhir membuat tindakan kita bermakna. Dengan demikian kita harus memberi isi atas kehidupan ini dengan sesuatu yang berbobot dan unik. Inilah titik pangkal kebebasan dan tanggung jawab kita sebagai manusia.

1 Desember 1997

Hilarius S. Taryanto

Mei 8, 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: